Review Joyday Cool Blueberry

Assalamualaikum! 

Siapa yang nggak suka Es Krim? Wah, hampir seluruh manusia sepertinya suka dengan jenis makanan yang satu ini ya. Es krim merupakan jenis makanan yang cocok dimakan kapanpun dalam suasana apapun. Bahkan, menikmatinya di tengah hujan pun rasanya so so saja (eh iya nggak sih? aku sih yes).

Beberapa waku lalu aku mendatangi warung tetangga yang baru saja menjual ice cream. Dengan logo berwarna biru, awalnya aku mengira bahwa merek ice cream tersebut adalah Aice. Aku agak bingung ketika membuka box ice cream yang isinya nggak kukenali. Setelah kubaca lagi, ternyata mereknya Joyday.

Dari sini aku merasa seperti “(oknum) warga” Indonesia banget karena merasa males baca. Hehehe. Seperti merek tandingannya, Joyday juga memiliki banyak varian rasa seperti manis based cokelat, ada juga yang varian buah-buahan. Dari banyaknya varian yang ada, aku tertarik pada varian cool blueberry.

Review Joyday Cool Blueberry

Kemasan Joyday Cool Blueberry

Seperti es krim pada umumnya, kemasan Joyday Cool Blueberry ini berbahan plastik laminasi khas es krim. Meskipun belum terkenal layaknya walls, campina dan glico wings, joyday sudah mencantumkan informasi produk mulai dari nama produk, merek, produsen, komposisi, juga call center. 
Apakah Joyday Es Krim sudah terdaftar BPOM?
Pada kemasan bagian depan sebelah bawah, kita dapat melihat jelas nomor BPOM dari produk joyday tersebut. Untuk memverifikasinya, aku coba re-check di website resminya BPOM dan kaget banget setelah keluar hasilnya.
Berkali-kali aku koreksi kembali mengenai nomor yang ku masukkan ke kolom pencarian, dan hasilnya sama. Aku sangat yakin bahwa aku sudah menuliskan lengkap nomor registrasi bpom tersebut. 
Untuk mencegah suudzon yang berkepanjangan, aku coba cari dengan parameter selain nomor registrasi, aku pilih menggunakan parameter “merek”. Aku masukkan kata kunci “Joyday” dan alhasil muncul banyak produk eskrim dari Joyday, termasuk Joyday Cool Blueberry.
Setelah aku cek kembali, ada perbedaan antara nomor yang terdaftar di website BPOM dengan nomor registrasi yang tertera pada produk. Mengapa hal itu bisa terjadi? Di proses manakah letak human errornya?
Perkiraan aku, hal ini bisa terjadi karena adanya pergantian formulasi bahan baku yang mengharuskan joyday mendaftarkan ulang produknya sehingga menerima nomor registrasi yang baru. Pergantian formulasi biasanya bertujuan untuk mengoreksi rasa, konsistensi bentuk, dan sebagainya. Dan produk yang sedang aku review bisa jadi produk lama atau baru. Kalaupun produk baru, ada kemungkinan website belum diupdate. (Koreksi jika saya salah ya).

Baca juga: Review Rocket Chicken Jogja

Apakah sudah sertifikasi Halal MUI?
Pada kemasan juga tertera logo halal LPPOM MUI. Mencoba memverifikasi nomor sertifikasi tersebut, aku cek di website resminya LPPOM MUI (halalmui.org). Berbeda dengan BPOM, satu nomor registrasi halal biasanya digunakan untuk banyak produk pada merek tersebut. 

Mengapa demikian? Sebab prinsip halal adalah 100% alias keseluruhan. Sehinga, jika pada suatu proses produksi digunakan oleh beberapa macam produk dan salah satunya mengandung bahan haram maka produk yang berbahan halal pun tidak lolos sertifikasi. (koreksi jika saya salah).

Banyaknya produk yang muncul ketika aku menggunakan noreg pada kata kunci, aku mengubahnya dengan kata kunci nama produk. Aku mencoba untuk memasukkan “cool blueberry” dalam kata kunci pencariannya sehingga muncul hasil berikut.
Adanya dua nomor registrasiIni akan membingungkan konsumen. Tapi, melihat kasus pencarian sebelumnya mengenai nomor registrasi BPOM, hal ini mungkin saja terjadi. Asumsi ku masih sama, yakni Joyday Cool Blueberry mengalami dua kali alias pengulangan pendaftaran sertifikasi MUI karena alasan tertentu.
Asumsiku semakin menguat saat aku klik kolom detail dan muncul keterangan tahun berakhirnya nomor sertifikasi (nosert). Nosert di produk yang aku review berakhir pada tahun 2020 sedangkan nosert lainnya berakhir pada tahun 2021. Artinya produk yang aku beli merupakan produk lama yang tentunya sama-sama halal.

Review Rasa dan Harga Joyday Cool Blueberry

Rasa
Mungkin ini  bagian yang paling penting ketika kita mencari tahu review makanan. Joyday Cool Blueberry ini menurutku memiliki rasa yang unik. Embel-embel “blueberry” nya pun benar-benar terasa dan pada label komposisi tertera buah bluberry sebesar 45% dari selai yang digunakan. Wah pantas saja rasa blueberry-nya sangat terasa.
Susunya benar-benar susu. Sebagaimana kita ketahui bahwa es krim susu cenderung smooth dan mencair, Joyday mengantisipasi dengan menjaga konsistensi Joyday Cool Blueberry dengan cara melapisi bagian terluarnya dengan es bening tanpa rasa (teeeeeeeet, mengulang kata “dengan”. Maaf kalimatnya sangat nggak efisien).

Baca juga: Baso Aci Mantan; Pedesnya Bikin Nagih!

Bagian rasa yang paling aku sukai dari Joyday Cool Blueberry ini adalah adanya rasa susu yang agak asam seperti layaknya yoghurt. Penasaran, aku kembali melihat bagian komposisi dan ternyata memang ada penambahan yoghurt.

Harga
Murah saja, Rp. 3000 .  Aku rasa es krim AICE harus waspada dengan tandingannya kali ini. hehehe

Overall : 10/10 

12 Comments

  1. Okti Li November 27, 2019
  2. Fenni Bungsu November 28, 2019
  3. dianisekaring November 28, 2019
  4. ajeng pujianti lestari November 28, 2019
  5. Renayku November 28, 2019
  6. Niwanda November 28, 2019
  7. Visya Al Biruni November 28, 2019
  8. Mellisa November 28, 2019
  9. Syarifani mulyana November 29, 2019
  10. Nyi Penengah Dewanti November 29, 2019
  11. Ria Andika December 1, 2019
  12. Anesa Nisa December 18, 2019

Leave a Reply