Resep Sate Maranggi khas Purwakarta

Assalamualaikum, masih suasana Hari Raya Idul Adha nih. Masih banyakkah stok daging di rumah? Bikin sate maranggi yuk!

Perkenalkan aku Aini Dian Pratiwi, seorang anak muda yang tertarik di bidang kuliner tapi jarang masak. Huhuhu. Suatu ketika buka instagram dan nemu resep SATE MARANGGI yang cukup mudah untuk dipraktikan, alhasil berkreasi deh di dapur. Sebelumnya aku juga pernah menulis tentang resep pepes tahu tanpa kukus, nah kali ini mau coba nulis resep sate maranggi. Hihi

Sate Maranggi

Merupakan jenis makanan dengan bahan daging kambing atau sapi yang dipotong lalu ditusuk-tusuk. Sate Maranggi merupakan sate khas Purwakarta. Yang membedakan sate maranggi dengan yang lain adalah proses marinasi atau merendam daging dalam bumbu dan membiarkannya beberapa saat.
Memang terkesan lebih banyak menggunakan bumbu dibandingka dengan sate jenis lain, namun rasa nggak pernah bohong lho. Bumbunya yang meresap membuat rasa sate maranggi menjadi khas dan enak.

Bahan Sambal Kecap

  • 3 sdm kecap manis
  • 3 bh cabai rawit
  • 1 siung bawang merah
  • 1/4 bh tomat

Cara membuat sambal kecap

  • iris cabai rawit, tomat dan bawang merah
  • masukkan ke dalam kecap manis
  • aduk, lalu sisihkan

Bahan Sate Maranggi

  • 250 gram daging dan lemak kambing  (bisa diganti daging sapi)
  • 5 helai daun pepaya tua (bisa diganti dengan nanas secukupnya)
  • 1 ruas jari lengkuas/laos/laja
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas jari kunyit 
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 sdm air asam aja
  • 50 gram gula merah 
  • sejumput ketumbar
  • sejumput biji lada
  • garam secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • minyak goreng (bisa diganti margarin)

Cara membuat bumbu halus

  • Haluskan lada, ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, gula merah, bawang merah hingga halus
  • Setelah halus, tambahkan air asam dan garam

Cara membuat sate maranggi

1 Cuci daun pepaya hingga bersih
2 Remas 5 daun pepaya 
3 Letakkan 2 helai daun pepaya di wadah hingga menyelimuti permukaan bagian dalam
4 Sementara itu, cuci daging kemudian potong dadu (pisahkan antara daigng dan lemak)
5 Masukkan daging kedalam wadah yang sudah diberi alas daun pepaya
6 Susun dengan cara meletakkan daging di bagian bawah dan lemak di tumpukkan atas
7 Tutup daging dengan sisa daun pepaya hingga rapat
8 Diamkan selama 30 menit
9 Setelah 30 menit, buang daun pepaya
10 Masukkan bumbu halus yang telah dibuat
11 Tambahkan kecap manis
12 Aduk hingga merata
13 Diamkan selama 15 menit (proses ini disebut marinasi)
14 Setelah 15 menit, tusuk daging dan lemak secara bergantian pada tusukan sate
15 Bakar hingga matang
16 Sate maranggi siap disajikan dengan sambal kecap

Baca juga: Baso Aci Mantan; Pedesnya Bikin Nagih!

Daun pepaya bisa mengempukkan daging? Kok bisa?

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengempukkan daging.  Untuk itulah perlu diremas agar enzim lebih mudah keluar dan bereaksi.

Beginilah cara kerja enzin papain:

Enzim papain berfungsi untuk memecah ikatan peptida pada pada protein. Apa yang dimaksud dengan ikaan peptida? Yaitu ikatan antar molekul asam amino sehingga membentuk protein. 
Di dalam tubuh hewan, terdapat 20 jenis asam amino yang menyambung dengan ikatan peptida sehingga membentuk protein. Protein dalam tubuh hewan bekerja sebagai pembentuk daging hewan, sehingga jika ikatannya dipecah oleh enzim papain, struktur jaringan daging akan melemah. Pada saat inilah kondisi daging jadi empuk.

Selamat mencoba!

22 Comments

  1. LinRaNa Mom August 15, 2019
  2. Aini dian August 15, 2019
  3. jendelamamak August 16, 2019
  4. lrdailyroutine August 18, 2019
  5. Farhati Mardhiyah August 18, 2019
  6. Pringadi August 18, 2019
  7. Suga Tangguh August 18, 2019
  8. Selvijua31 August 18, 2019
  9. Rani Yulianty August 18, 2019
  10. Ilham Sadli August 18, 2019
  11. Dian Restu Agustina August 18, 2019
  12. April Hamsa August 18, 2019
  13. Erfano August 18, 2019
  14. Zahara August 18, 2019
  15. Maliha August 18, 2019
  16. irpanisme August 18, 2019
  17. @blogger_eksis August 20, 2019
  18. Aini dian August 20, 2019
  19. Bunga Lompat August 29, 2019
  20. duniamasak August 29, 2019

Leave a Reply